Manajemen S-1, Vol. 1 (2013) No. 1

Analisis E-Readiness Internal di kalangan UKM di Sumatra Barat dalam menggunakan E-Commerce Sumatera Barat Melalui Pendekatan E-Readiness

Fajri Satriawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor –faktor kesiapan ( E-Readiness ) UMK secara Internal ( Seperti : Awareness, Sumber Daya Manusia , Sumber Daya Bisnis , Sumber Daya Teknologi, Komitmen dan Governance) dalam mengadopsi teknologi Internet dan E-Commerce. Sampel penelitian adalah 84 UMK yang berada di Sumatra Barat dan memiliki kriteria yang pernah atau masih menggunakan teknologi Internet dan E-Commerce. Pengumpulan data dilakukan dengan pendekatan metode purposive sampling. Untuk menguji variabel dari model adopsi E-Commerce ini yaitu melalui Structural Eguation Modeling (SEM) menggunakan  Soffware SmartPLS. Hasil penelitian ini menyumpulkan bahwa Governance dan Sumber Daya Bisnis berpengaruh  terhadap penggunaan E-Commerce di kalangan UMK di Sumatra Barat, sedangkan Awareness, Sumber Daya Manusia , Sumber Daya Teknilogi, dan Komitmen tidak pengaruh terhadap penggunaan E-Commerce di kalangan UMK sumatra barat. Hasil penelitian memberikan implikasi bahwa Governance dan Sumber Daya Bisnis sangat mempengaruhi UKM dalam menggunakan teknologi Internet dan E-Commerce.

cite this paper     download