Manajemen S-1, Vol. 1 (2013) No. 1

Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek CROCS (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi UNAND)

Nita Rahma Fadillah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variable gaya hidup dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian sepatu merek crocs. Dimana gaya hidup dilihat dari AIO (activity, interest, dan opinion) dan kelompok refensi dilihat dari pengaruh orang terkenal, teman, dan keluarga. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa program S1 Fakultas Ekonomi UNAND. Data penelitian ini bersifat non-probability sampling dengan metode convenience sampling. Faktor-faktor yang diuji pengaruhnya terhadap keputusan pembelian adalah faktor gaya hidup dan kelompok referensi. Alat analisis yang dipakai untuk pengujian adalah regresi linear berganda serta uji validitas dan reliabilitas dengan aplikasi SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel gaya hidup dan variabel kelompok referensi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel gaya hidup memiliki nilai yang positif sedangkan variabel kelompok referensi memiliki nilai yang negatif. Dari hasil uji validitas dan reliabilitas dapat dilihat bahwa setiap item pertanyaan yang diajukan valid dan reliabel.

cite this paper     download