Manajemen S-1, Vol. 1 (2013) No. 1

Pengaruh Bauran Promosi (Promotion Mix) Pada Keputusan Untuk Menjadi Nasabah PT. BFI Finance Indonesia. Tbk Cabang Padang

Trifo Meinorys

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menemukan pengaruh kegiatan pemasaran yang dilakukan perusahaan terutama sekali faktor bauran promosi yang diwakili oleh Periklanan (Advertising), Penjualan Perseorangan (Personal selling) dan Penjualan Langsung (Direct sales) pada keputusan untuk menjadi nasabah di PT. BFI Finance Indonesia, tbk cabang Padang. Obyek penelitian ini adalah orang yang pernah mengambil keputusan untuk mencoba menjadi nasabah dan yang telah menjadi nasabah PT. BFI Finance Indonesia, tbk cabang Padang. Populasi dalam penelitian ini ialah calon nasabah yang pernah mengajukan permohonan pinjaman dan nasabah yang telah disetujui pinjamannya dari PT. BFI Finance Indonesia, tbk cabang Padang. Teknik sampling yang digunakan adalah non Probability Sampling, dengan memakai metode purposive sampling. Jumlah sampel diperoleh sebanyak 100 orang responden dari populasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis factor dan regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan masing-masing variabel yang digunakan berpengaruh signifikan terhadap keputusan untuk menjadi nasabah PT. BFI Finance Indonesia, tbk cabang Padang. Secara parsial Periklanan (Advertising), Penjualan Perseorangan (Personal Selling) dan Penjualan Langsung (Direct Sales) berpengaruh secara positif terhadap keputusan untuk menjadi nasabah. Dalam menguji validitas konstruk pada analisis factor, menunjukan setiap indikator mempunyai nilai factor loading yang baik yang mewakili setiap satu komponen.

cite this paper     download
 
 

‚Äč