Manajemen S-1, Vol. 1 (2013) No. 1

Pengaruh Ketidakpuasan Dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Perilaku Perpindahan Merek Pada Sabun Pembersih Wajah (Studi Pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Andalas)

Elvira Febriyanti

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh timbulnya fenomena munculnya berbagai merek-merek baru khususnya untuk kategori produk sabun pembersih wajah. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh ketidakpuasan konsumen dan kebutuhan mencari variasi terhadap keputusan perpindahan merek. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Andalas yang menggunakan sabun pembersih wajah dan pernah melakukan perpindahan merek. Jumlah sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah 100 responden dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi berganda, uji F, dan uji t yang diolah dengan menggunakan program SPSS 17.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua variabel yang diuji yaitu ketidakpuasan konsumen dan kebutuhan mencari variasi berpengaruh positif dan signifikan baik secara parsial atau pun simultan terhadap perilaku perpindahan merek pada konsumen sabun pembersih wajah. Dari penelitian ini juga diketahui bahwa kedua variabel bebas yang digunakan yaitu ketidakpuasan konsumen dan kebutuhan mencari variasi dapat mempengaruhi keputusan konsumen untuk berpindah merek sebesar 75,3 %.

cite this paper     download
 
 

‚Äč