Manajemen S-1, Vol. 1 (2013) No. 1

Penerapan Model Carson Pada Usaha Kecil Menengah (UKM): Studi Kualitatif Pada Usaha Kerajinan di Payakumbuh

Adrian Desra Rahman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas pemasaran secara internal dan eksternal yang diterapkan dalam UKM kerajinan di Payakumbuh. Sampel penelitian ini adalah 10 UKM yang bergerak di bidang kerajinan yang ada di Payakumbuh. Pengumpulan data dilakukan dengan pendekatan metode kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa UKM di Payakumbuh secara faktor internal masih berada pada level implicit marketing, sedangkan secara faktor eksternal berimbang antara level implicit dan non marketing. Berdasarkan skala usaha, pengaplikasian faktor internal dan eksternal pada usaha kecil masih berada pada level non marketing, sedangkan pengaplikasian faktor internal dan eksternal pada usaha menengah sudah berada pada level implicit marketing. Hasil penelitian memberikan implikasi bahwa penelitian ini nantinya diharapkan bisa memicu perkembangan ekonomi di daerah Kota Payakumbuh dan Kabupaten 50 kota, untuk mengetahui bagaimana manajer atau pemilik mengelola bisnis mereka, agar mampu bertahan di pasaran dan dalam menghadapi para pesaing yang ada.

cite this paper     download
 
 

‚Äč