Manajemen S-1, Vol. 1 (2013) No. 1

Pengaruh Strategi Diferensiasi Terhadap Keunggulan Bersaing ( Studi Kasus Pada Konsumen Damarindo Digital Printing di Padang

Dini Suci Ramadhani

Abstract

Kompetisi adalah suatu kondisi yang tidak dapat dihindari oleh setiap perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Persaingan yang sangat ketat dalam industri akan menyebabkan setiap perusahaan berusahan memanfaatkan semua sumber untuk menciptakan keunggulan kompetitif yang kuat. Salah satu sumber keuntungan yang dapat dioptimalkan oleh perusahaan untuk meningkatkan daya saing adalah melalui penerapan strategi diferensiasi. Penelitian ini akan mengkaji pengaruh strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya saing damarindo digital printing di padang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber – sumber diferensiasi yang dapat mempengaruhi daya saing perusahaan. Sumber strategi diferensiasi adalah strategi diferensiasi produk, kualitas pelayanan, personnel, citra dan saluran distribusi. Data penelitian dikumpulkan dari kuisioner konsumen damarindo digital printing sebanyak 100 responden. Metode analisis data dengan uji validitas dan uji realibilitas sedangkan analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil yang diperoleh dari analisis data menunjukkan bahwa strategi diferensiasi keseluruhan berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan daya saing damarindo digital printing. Dari hasil pengujian per variabel menunjukkan bahwa variabel strategi diferensiasi produk, kualitas pelayanan, personil memiliki dampak positif pada daya saing dan strategi diferensiasi citra memiliki dampak negatif pada daya saing. Sedangkan strategi diferensiasi saluran distribusi tidak menunjukkan daya saing.

cite this paper     download