Manajemen S-1, Vol. 1 (2013) No. 1

Aktivitas Pemasaran Usaha Kecil Menengah: Studi pada Usaha Kerajinan Sendal Kulit Tradisional di Kota Bukittinggi dengan Menggunakan Model Carson

M Luthfi Hidayat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level aktivitas pemasaran yang diterapkan dalam UKM  kerajinan  sandal  kulit  tradisonal  di  Kota  Bukittinggi  dengan  menggunakan  metode Carson. Sampel penelitian ini adalah 10 UKM yang bergerak di bidang kerajinan sand al kulit yang ada di Bukittinggi. Pengumpulan data dilakukan dengan pendekatan metode qualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa  beberapa sampel UKM yang berskala kecil juga mampu berada satu tingkat lebih baik yaitu pada level pemasaran Implicit Mar keting hal ini disebabkan karena mereka telah belajar dari pengalaman mengelola usaha selama menggeluti usaha ini. Sehingga tidak semua  UKM yang  berskala kecil  berada pada  level  Non  Marketing. Hasil penelitian memberikan implikasi bahwa diperlukan pemahaman pemilik UKM terhadap aspek- aspek pemasaran sehingga dapat membantu UKM agar terus berkembang dan maju supaya dapat bersaing

cite this paper     download