Manajemen S-1, Vol. 1 (2013) No. 1

Analisa Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Jilbab (Studi Kasus Mahasiswi FE Program Reguler Mandiri Universitas Andalas)

Welli Kisma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Atribut Produk yang terdiri dari Kualitas Produk, Desain Produk dan Merek Produk Terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Jilbab. Metode analisa data yang digunakan adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi Berganda, Uji Hipotesis yang terdiri dari Uji Parsial (Uji Statistik t), Uji Simultan (Uji Statistik F), dan Uji Koefisien Determinasi (R2). Pengerjaannya dilakukan dengan menggunakan SPSS 17. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan 75 responden sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis data dengan metode analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa elemen Atribut Produk yang terdiri dari Kualitas Produk dan Desain Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli Jilbab, sedangkan Merek Produk berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli jilbab. Berdasarkan uji-t bahwa dari ketiga variabel bebas yang paling dominan mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli jilbab adalah Kualitas Produk (X1) dengan nilai t-hitung 0.351. Analisis koefisien determinasi didapat nilai Adjusted R2 sebesar 20.5% yang berarti variabel terikat yaitu Keputusan Pembelian dapat dijelaskan dengan menggunakan variabel bebas yaitu Kualitas Produk, Desain Produk dan Merek Produk dan sisanya 79.5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

cite this paper     download
 
 

‚Äč