Manajemen S-1, Vol. 1 (2013) No. 1

Aktivitas Pemasaran Usaha Kecil Menengah Dengan Menggunakan Pengembangan Model Carson (Studi Pada Usaha Kerajinan di Kota Pariaman)

Yulia Valencia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aktivitas pemasaran yang terjadi pada UKM. Sampel penelitian ini adalah 10 UKM kerajinan yang terdapat di Kota Pariaman. Pengumpulan data dilakukan dengan pengembangan model Carson. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dari 10 sampel UKM kerajinan yang telah diteliti di Kota Pariaman, didapatkan bahwa pengaplikasian faktor internal, seperti: market knowledge, competitive advantage, promotion price, after sales service, product, distribution, positioning pada umumnya berada pada tingkatan non marketing. Sedangkan faktor-faktor ekstenal, seperti: competitors, costumer, market information, significant event, marketing strategy merupakan kegiatan yang telah mencapai tingkatan implicit marketing. Namun sampai saat ini belum ada UKM yang mampu mencapai tingkatan sophisticated marketing activity

cite this paper     download
 
 

‚Äč