Manajemen S-1, Vol. 1 (2013) No. 1

Analisis Lingkungan Bisnis Dan Pemilihan Strategi Cv. Life Source Untuk Memenangkan Persaingan Pada Industri Very Small Aperture Terminal (Vsat) Di Sumatera Barat

Muhammad Al Arif

Abstract

Penelitian ini terkait dengan analisis lingkungan bisnis dari CV. Life Source yang terdiri dari lingkungan eksternal makro (politik, ekonomi ; sosial dan ekologi; teknologi), lingkungan industri (tingkat persaingan dalam industri, ancaman pendatang baru, ancaman produk subsitusi, daya tawar pemasok, daya tawar pembeli), dan lingkungan internal (organisasi, pemasaran, keuangan, operasional, MSDM) yang teridentifikasi menjadi peluang, ancaman, kekuatan, dan kelemahan bagi CV. Life Source. Selanjutnya penelitian ini menganalisis alternatif strategi yang tersedia yang bisa dijalankan CV. Life Source. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara secara tidak terstruktur dengan dua orang responden yaitu Direktur dan Teknisi dari CV. Life Source. Analisis data menggunakan analisis Matrik Degree Comparison, EFE, IFE, TOWS, IE, dan QSPM. Hasil analisis menunjukkan bahwa CV. Life Source sebaiknya melakukan strategi diversivikasi konsentrik, forward integration, product development. Strategi diversifikasi konsentrik dapat dilakukan dengan memasuki setiap lini di bidang IT yaitu hardware, software, networking, maintenance, dan energi. Strategi forward integration dilakukan dengan membangun warnet-warnet yang dikelola sendiri. Strategi pengembangan produk dengan mengembangkan penggunaan VSAT untuk teleconference, dan camera CCTV. Penelitian ini memberikan implikasi pada CV. Life Source untuk dapat memperhatikan faktor internal dan eksternal untuk membangun keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.

cite this paper     download
 
 

‚Äč