Manajemen S-1, Vol. 1 (2013) No. 1

Sustaining Competitive Advantage: A Resource-Based View (The Case Of Traditional-Food Manufacturer In Padang Panjang)

Rebi Fara Handika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi dan perkembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Keripik Talas di Kota Padang Panjang dalam membangun Sustainable Competitive Advantage. Sudut pandang yang digunakan dalam penelitian ini adalah Resource-Based View (RBV). RBV menekankan sumber daya perusahaan lebih penting dibandingkan struktur industri yang ada dalam mencapai Competitive Advantage. Untuk mencapai Sustainable Competitive Advantage sumber daya perusahaan harus memenuhi kriteria seperti Valuable, Rare, Imperfect Imitability dan Non-Substituability. Penelitian ini bersifat deskriptif eksploratif dan teknik analisis menggunakan metode deskriptif. Dari hasil analisis akan diperoleh kesimpulan dan informasi mengenai Resources & Capabilities perusahaan, Sustainable Competitive Advantage, Kinerja Bisnis dan Permasalahan yang dihadapi UKM Keripik Talas di Kota Padang Panjang.

cite this paper     download
 
 

‚Äč